Senin, 17 September 2018

MANAJEMEN RESTORAN

I. Pengertian Manajemen Restoran
      Manajemen adalah pengelolaan sumber daya yang dimiliki atau dikuasai untuk mencapai tujuan tertentu dengan cara efektif dan efisien. sedangkan,restoran adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisasi secara komersial yang menyelenggarakan pelayanan yang baik kepada semua tamunya baik berupa makan dan minum.
     Jadi, Manajemen restoran adalah pengelolaan sumber daya yang dimiliki dengan tujuan utama untuk mendapatkan keutungan (profit) yang benar-benar optimal dan menjadi alat untuk bisa kita kontrol dan evaluasi. Untuk memulai membuka restoran tidaklah mudah maka diperlukan manajemen restoran dan banyak hal yang perlu kita lakukan dan upayakan dengan berbagai pengorbanan, perlu perencanaan sampai dengan pengendalian dan dipersiapkan dengan sungguh-sungguh.
    Manajemen mempunyai fungsi-fungsi sebagai berikut :
       1. Perencanaan (Planning) adalah legiatan untuk menyusun rencana awal untuk pembukaan restoran.
        2. Pengorganisasian (Organizing) adalah kegiatan untuk mengatur dan membagi tugas kepada semua karyawan restoran.
         3. Penggerakan (Actuating) adalah kegiatan untuk mendorong karyawan untuk melakukan tugasnya.
        4. Pengawasan (Controlling) adalah kegiatan untuk mengusahakan atau mengadakan koreksi sehingga apa yang dikerjkan benar-benar mengikuti apa yang direncanakan dan mecapai tujuan.
    Langkah pertama perancangan usaha restoran adalah menggunakan analisis SWOT. analisis SWOT merupakan suatu alat formulasi strategi yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan suatu usaha. Analisi ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan suatu kekuatan (strenghts) dan peluang (oppurtunites), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats). Analisis SWOT diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. untuk mencapai suatu tujuan usaha harus mempunyai sasaran dan mempunyai sumber daya. jika sarana dan sumber daya tersebut belum ada maka harus menyediakan terlebih dahulu sehingga dapat mempergunakannya untuk mengejar tujuan bisnis.
2. Manajemen Restoran bagian Keuangan
      Dibagian keuangan kita harus memperhatikan apakah dana sudah tersedia sesuai yang kita butuhkan. karyawan bagian harus bisa menyusun dana untuk apa saja yang akan digunakan. dan setelah tersususnnya dana akan ditetapkanyang dapat menggambarkan secara umum kebutuhan modal untuk pendirian restoran tersebut, antara lain untuk bangunan restoran, dekorasi restoran, peralatan dan perlengkapan restoran. dan di bagian keuangan harus terdapat sistem pembukuan keuangan restoran supaya terlihat apakah restoran itu sudah mencapai tujuan utama atau belum.
3. Manajemen Restoran bagian Pemasaran
      Di bagian Pemasaran mempunyai tugas untuk bisa memasarkan atau mempromosikan produk dari restoran itu sendiri. sistem yang akan diterapkan antara lain :
          1. Analisis kebutuhan pasar
                    Analisis ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan calon konsumen, misalnya dengan menjual produk dengan harga yang terjangkau dan menggunakan sistem pelayanan yang Baik.
           2. Penentuan target pasar
           3. Menentukan strategi pemasaran
                 bagaimana mempromosikan agar restoran banayak dikunjungi konsumen dan                         konsumen tertarik.
4. Manajemen Restoran bagian Produksi
         Dengan adanya bagian produksi di restoran adalah untuk menggambarakn jenis atau variasi menu makanan dan minuman yang akan dijual dan juga karyawan nya bertugas di dapur area untuk memasakan makananan dan membuat minuman.
5. Manajemen Restoran bagian SDM
         Karyawan bagian SDM bertugas untuk merencanakan perencanaan sumber daya misalnya menganalisis berapa banyak karyawan untuk bekerja yang diperlukan dalam proses operasional restoran itu sendiri. Macam-macam karyawan restoran misalmya karyawan bagian penyajian, bagian pengolahan,bagian pemasaran, bagian personalia dan bagian keuangan.
       
    jadi, kesimpulannya Manajemen di dalam restoran itu sangat penting karena untuk perkembangan dan pertumbuhan restoran tersebut, agar mencapai tujuan secara teratur, dan untuk mengatur semua kegiatan di dalam suatu organisasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar